Optimalkan USB drive dengan NTFS

,
Saat ini hampir setiap orang memiliki USB Drive (Flashdisk, Hardisk eksternal), bahkan lebih dari satu. USB Drive kebanyakan diformat dengan FAT atau filesystem FAT32, karena secara default USB drive tidak dapat kita format dengan NTFS.

Salah satu alasan terbesar untuk menggunakan NTFS pada USB drive adalah jika kita ingin menangani file besar, misalnya mentransfer file ISO yang besar. FAT tidak mendukung file-file berukuran lebih dari 4GB. Selain itu terdapat manfaat lainnya menggunakan NTFS seperti enkripsi, file dan folder permissions, kompresi dll

Pada Windows Vista dan mungkin Windows 7 memungkinkan Anda untuk drive dengan format NTFS, pada Windows XP hanya dapat digunakan untuk memformat dengan FAT dan FAT32. Namun, jika ingin memformat dengan tipe NTFS di Windows XP kita bisa melakukan trik berikut.

  • Buka Device Manager (klik kanan My Computer, trus klik Manage)
  • Expand Disk Drive, trus cari USB Drivenya
  • Pilih USB drive, klik kanan dan pilih properti
  • Pilih Policies dalam kotak dialog yang terbuka. Pilih “Optimize for Performance”. Hal ini akan memungkinkan kita untuk memformat drive dengan NTFS.
Sekarang ketika kita mencolokkan USB drive dan klik kanan untuk memformat akan melihat sebuah pilihan untuk format dengan NTFS.

Selamat mencoba!

933 Comment:

  1. Ehh bener ternyata... Muncul tuh tulisan NTFS. :p
    USB ku 8 Giga. Selama ini masih tetep pake FAT krn mmg tdk tau kalo ada hubungannya dengan kecepatan akses data. Tp berhubung aku tuh sering langsung cabut USB (krn sering buru2), akhirnya ya aku setting "quick removal" aja.
    NTFS setauku memang jauh lbh bagus kalo untuk XP.
    Thx bos untuk tipsnya.

    ReplyDelete
  2. makasih mas untuk share tutorialnya

    ReplyDelete
  3. hohoho...ilmu yang berguna dab...pinter tenan nyothe...

    ReplyDelete
  4. Terima kasih smua utk comment-nya....

    ReplyDelete
  5. Wow, nice tips.

    Tapi saya belum banyak tahu. Apa keunggulan dan kekurangan format NTFS itu.
    Bagi saya, USB drive cukup colok-copy-paste beres, hehehe...
    BTW, patut dicoba.

    Thanks and salam kenal...

    ReplyDelete
  6. Wah, kalo gitu, segala data bisa hilang dong yach? Soalnya kan diformat tuh. Gimana solusinya?

    ReplyDelete
  7. kapan diriku bisa pinter kayak gitu yah?

    ReplyDelete
  8. Wah baru tahu saya...
    makasih mas tipsnya..segera di coba' nich :)

    ReplyDelete
  9. Saya biasanya klo colok ya colok aja hehee...
    Boleh jg tipsnya mas... seipp!! :)

    ReplyDelete
  10. Thx all 4 comments....
    @Iskandar : Ya klo flashdisknya dah ada isinya, pindahin dl ke kompi baru diformat bro.

    ReplyDelete
  11. sama kayak zee hehehehehe :-D

    ReplyDelete
  12. wah mantabb nie tulisane
    semoga bermanfaat bagi mereka yang masih pakai FAT
    saya sendiri engga pakai usb drive, belum butuh
    keep posting bro..

    ReplyDelete
  13. oia salam kenal ya *salaman*
    ditunggu kunjungan balik dan komentarnya dalam tulisan sejarah, seluk beluk dan template keren buat blogspot . awas lho kalao engga berkunjung balik tak gebukin entar hehehe *kabuuurr

    -eros---

    ReplyDelete
  14. Yup betul...NTFS is better...
    Better is wafer...hehe..

    ReplyDelete
  15. wach baru sadar ndak cuma hdisk ternyata fdisk juga bisa :D

    makasih mas

    ReplyDelete
  16. Flashku melayang hiks.. Tinggal puingpuing sajo tu..
    Hwaa... nunggu withdraw aja kali yah huehehe...

    Nais inpo bro :D

    ReplyDelete
  17. flashdisk memang sudah menjadi barang wajib ... apalagi harganya sekarang termasuk sangat murah ...
    selain hanya untuk sekedar menyimpan data saja, harusnya flashdisk juga dioptimalisasi fungsi dan fiturnya ... salah satu alasan mengapa harus memakai format berkas ntfs adalah keamanan data, karena dapat dienkripsi ...

    /* good post bro */

    ReplyDelete
  18. gua ada masalah ni bozz..

    ndak lagi ntfs / fat, tapi raw,, apa gimana gitu keterangannya.
    entah yang bikin virus ato apa..
    dihajar pake beberapa software juga ga mempan,
    terus minta format terus..

    ReplyDelete
  19. Kalau tidak salah, RAW yang dimaksud disitu adalah kondisi Flashdisk/ HD tersebut dalam status 'TIDAK TERFORMAT', bisa disebut tidak mempunyai FILE SYSTEM, alias FILE SYSTEM-nya hilang.
    Jadi pasti minta format trus!
    Btw FD/ HD-nya ada data penting ga?

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas informasinya mas...

    ReplyDelete
  21. Tuk mengucapkan selamat tinggal
    Karena aku takkan pernah bisa
    Melepasmu di gelapnya malam

    Rasa yang begitu besar slalu disisiku
    Ku tak mudah jatuh cinta
    Coba kau rasakan perasaan ini
    Akankah sama denganku?

    Tempat ini begitu ramai
    Namun ku tetap merasa sepi
    Karna Kau tak menemaniku
    Hanya bayangmu yang menghantuiku

    Cintaku ini takkan pernah bisa berubah
    Hanya untukmu
    Seluruhnya kuserahkan padamu
    Yang begitu menyayangimu hingga akhir penantianku

    ReplyDelete
  22. wogh, ampun deh, jago banget IT nya ^-^

    thanks mas

    ReplyDelete
  23. makasih bro infonya.... jujur baru tahu sekarang, padahal pakai USB dah lama.

    ReplyDelete
  24. semua postingan tentang IT semua..keren tp saya g begitu faham ik...

    ReplyDelete
  25. taek ! ilmu gtu doang

    ReplyDelete
  26. Sayang belum pake usb nich ,, infonya bermanfaat thanks ya,,,

    ReplyDelete
  27. baru tahu saya klo USB falshdisk bisa diformat dengan NTFS. emang bener sih kapasitas flash disk sekarang sdh besar2 tapi uk kapasitas yang diatas 16 atau 32 giga masih jarang.

    ReplyDelete
  28. Tips yang bagus. Baru nyadar juga kalo USB bisa dijadiin NTFS. Seingat gw sih cuman bisa FAT32. Seberapa besar perubahan kecepatan yang dirasakan?

    Btw, update blog lagi donk... sangat bermanfaat kontennya :)

    ReplyDelete
  29. oh ternyata seperti itu ya, terimakasih sharingnya

    ReplyDelete
  30. udh ane setting gan.. :-)
    tenkyu yah info'a.. :-)

    ReplyDelete
  31. Wah, kalo gitu, segala data bisa hilang dong yach? Soalnya kan diformat tuh. Gimana solusinya?

    ReplyDelete
  32. pengetahuan baru nih,,,jadi nambah wawasan,,,sangat bermanfaat dan membantu sekali,,makasih banyak,

    ReplyDelete
  33. keep blogging moga jadi info yang berguna,,,

    ReplyDelete
  34. wah pengetahuan baru nih jadi nambah wawasan sangat bermanfaat dan membantu sekali,makasih banyak kawan atas pencerahannya,

    ReplyDelete
  35. belum tau betul tentang NTFS.moga dengan artikel ini bisa lebih mempermudah saya untuk mempelajari lebih jauh lagi,

    ReplyDelete
  36. baru tahu saya klo USB falshdisk bisa diformat dengan NTFS. emang bener sih kapasitas flash disk sekarang sdh besar2 tapi uk kapasitas yang diatas 16 atau 32 giga masih jarang.

    ReplyDelete
  37. ok banget infonya,,, bermanfaat banget nih sob

    ReplyDelete
  38. masukan bagus langsung saya terapkan sangat bermanfaat sekali,makasih dan sukses trus,,

    ReplyDelete
  39. penjelasan yang sangat lengkap,,,makasih ,,

    ReplyDelete
  40. bner bner ok nih penjelasan nya,,
    meskipun kurang paham sih,,

    heheh

    ReplyDelete
  41. flashdisk memang sudah menjadi barang wajib ... apalagi harganya sekarang termasuk sangat murah ...
    ehhe,,
    nice info gan.,...

    ReplyDelete
  42. baru tau nih ane,,,
    hehe

    mksih boss info nya sangat berguna dan menarik...

    :o

    ReplyDelete
  43. USB ku 8 Giga. Selama ini masih tetep pake FAT krn mmg tdk tau kalo ada hubungannya dengan kecepatan akses data. Tp berhubung aku tuh sering langsung cabut USB (krn sering buru2), akhirnya ya aku setting "quick removal" aja.
    NTFS setauku memang jauh lbh bagus kalo untuk XP.
    Thx bos untuk tipsnya.

    ReplyDelete
  44. mantap infonya mas, thanks ya : )

    ReplyDelete
  45. Baru tau ini ane klo bisa di buat ntfs... suwun juragan

    ReplyDelete
  46. wah inpfo nya sangat bagus,dan keren makasih yah teman

    ReplyDelete
  47. terima kasih atas infonya gan..
    sangat membantu saya..

    ReplyDelete
  48. ooo gitu to, thanks y infon nay buat tambah2 ilmu.

    ReplyDelete
  49. iya gan tipsnya lumayan sih.. tapi habis itu ga bisa dibaca di mac deh usbnya ;p

    ReplyDelete
  50. ok klo gitu thanks atas infonya ya, jadi menambah pengetahuan.....

    ReplyDelete
  51. sipp dech klo gitu, jadi lebih tau sekarang,,,

    ReplyDelete
  52. ohh ternyata seperti itu,,, ok lah klo begitu artikel yang cukup berguna nich

    ReplyDelete
  53. Thanks for sharing this great article! That is very interesting I love reading and I am always searching for informative information like this...!

    ReplyDelete
  54. ooh bgtu yah caranya.....makasih yah...

    ReplyDelete
  55. waiih mantap juga nihh caranya.. bisa langsung di coba..
    mksih bnyak yaaa pencerahannya

    ReplyDelete
  56. saya baru tau ternyata format di USB bisa kita rubah,,
    boleh juga nihh di coba.
    makasih bnyak sharenya

    ReplyDelete
  57. mantapp nihh bisa langsung di coba mas,
    makasih bnyak infonya

    ReplyDelete
  58. makasih ilmu nya semogga berguna buat saya ..........

    ReplyDelete
  59. wah bener perlu tuh, makasih bos atas pemberitahuannya..

    ReplyDelete
  60. tapi mas, kadang usb dengan format ntfs itu biasanya gak suka terdetek / error khususnya di pc xp. Bagaimana itu?

    ReplyDelete
  61. ntfs emng cocok buat xp
    kalo fat32 itu buat win 98 kan?
    yg masih berbasis text ya

    ReplyDelete
  62. semua postingan tentang IT semua..keren tp saya g begitu faham ik...

    ReplyDelete
  63. owhh,,untuk ukurannya dibatasi ga?
    emang bedanya ama yang lain apa NTFS itu?

    ReplyDelete
  64. wah infonya sangat berguna banget mas.salam kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  65. Ok...Siiippp...
    Makasih bnyak infonya...!!!!

    ReplyDelete
  66. info yang sangat bagus gan.
    salam kenal ya dan terus berkarya

    ReplyDelete
  67. oh jdi bisa ya pake NTFS....

    sipp deh gan,,,,

    ReplyDelete
  68. bisa ya di optimalkan... hehehe supaya lebih simple kali ya mksud nya :D

    ReplyDelete
  69. harus dan wajib di coba,,,, biar lebih optimal....

    ReplyDelete
  70. mantap gan infonya,,,

    thanks bgt ya...

    ReplyDelete
  71. hoho ...
    dipostingan yang gan bikin ,, semuanya banyakkk ilmu ..
    hore,, asyikkk bisa banyakkk belajar dari agan ..hehe ..
    makasih ea

    ReplyDelete
  72. mantap banget infonya gan
    moga banyak kegunaannya

    ReplyDelete
  73. mantap banget kang infonya,berguna banget buat saya.

    ReplyDelete
  74. sipt bangett buat infonya ..
    terimakasih buat infonya yang bermanfaat ini ,,
    suxses selalu buat postingannya ,,

    ReplyDelete
  75. mksh gan infonya. modem perlu diginikan gak nih ya. coz modemku konek ke komputernya agak lemot

    ReplyDelete
  76. ilmu yang sangat bermanfaat,,,
    makasih atas tutorialnya

    ReplyDelete
  77. masalahnya dengan ini gan, orang mac ga bisa buka...

    ReplyDelete
  78. thank's infonya, langsung ane coba gan...

    ReplyDelete
  79. hmm thank uat info nya sangat berguna di coba langsung sja

    ReplyDelete
  80. ada yang bilang cara ini juga mempunyai kelemahan yach....

    ReplyDelete
  81. Artikelnya menarik gan, thanks atas infonya...

    ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  82. Thanks for sharing. Its good to see fresh content always.

    ReplyDelete
  83. wah sip gan. ternyata aku baru tahu kalau ada tool buat windows xp yang bisa mengubah format usb dari fat/fat32 ke ntfs. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  84. wah sip gan. ternyata aku baru tahu kalau ada tool buat windows xp yang bisa mengubah format usb dari fat/fat32 ke ntfs. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  85. wah sip gan. ternyata aku baru tahu kalau ada tool buat windows xp yang bisa mengubah format usb dari fat/fat32 ke ntfs. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  86. terimakasih sebelumnya sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  87. Terima kasih atas infonya dan ilmu ini bermanfaat

    ReplyDelete
  88. dari dulu ane nyari ini cara mengoptimalkan USB drive ini, akhirnya nemu juga
    hehe

    bagus 5 jempol lah buat artikel ini,,
    thanks

    ReplyDelete
  89. tanks ya info.nya...

    ternyata ada tool buat windows xp yang bisa mengubah format usb dari fat/fat32 ke ntfs

    ReplyDelete
  90. tanks ya info.nya...

    ternyata ada tool buat windows xp yang bisa mengubah format usb dari fat/fat32 ke ntfs

    ReplyDelete
  91. oooh baru tahu ternyata usb drive bisa diformat NTFS toh,
    makasih infonya.

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  92. Oh,, makanya nggak kuat ngopy 5GB sekaligus padahal kapasitasnya 16GB,, penyakitnya ini toh.. Woah,, thanks for information..

    ReplyDelete
  93. mas bro makasih yah telah di muat komen ane...

    ReplyDelete
  94. kalo memory external handphone bisa di format jadi ntfs ga?

    ReplyDelete
  95. Tutorialnya enak banget,,, sangat membantu sekali,,, kgk bikin pusing,,, maksaih gan,,,

    ReplyDelete
  96. tapi kalo di windows 7 mah udah gampang banget tinggal klik kanan - format - quick format- pilih type file system - ok
    heheh


    maaf bukannya so tau cuman share aja kk

    ReplyDelete
  97. informasi komputer ini sangat berguna apdet terus juragan

    ReplyDelete
  98. yan gmamfpir ke sini langsung tercerahkan ....terima kasih katanya

    ReplyDelete
  99. nice post gan,,, anu suka banget info nya gan

    ReplyDelete
  100. terima kasih atas artikel yg bermanfaat ini :)



    #Semoga sehat selalu :D

    ReplyDelete
  101. "Kegagalan adalah peluang untuk hal yang lebih baik. Kegagalan adalah batu loncatan untuk pengalaman yang berharga. Suatu hari nanti Anda akan bersyukur untuk beberapa kegagalan yang anda alami. Percayalah, ketika satu pintu tertutup untuk anda, sebenarnya pintu yang lain selalu terbuka"

    ReplyDelete
  102. yess... akhirnya ketemu juga,
    dari tadi aku cari-cari ini sob..
    info yg bermanfaat sekali..
    ijin bookmark ya :D



    #Semoga Sehat Selalu

    ReplyDelete
  103. Kemerdekaan hanyalah diperdapat dan dimiliki oleh bangsa yg jiwanya berkobar-kobar dgn tekad 'Merdeka atau mati'!

    ReplyDelete
  104. bisa di optimasi kan ya ternyata gan ???

    ReplyDelete
  105. kalo beli usb drive murah bisa di http://www.dimensidata.com gan

    ReplyDelete
  106. keep blogging moga jadi info yang berguna,,,
    thanks gan !

    ReplyDelete
  107. infonya snagat berguna dan menarik, makasi yah.

    ReplyDelete
  108. wah,inin memang sangat berguna, mantap,.maksi buat infonya gan.

    ReplyDelete
  109. wihh..terobosan terbaru yang patut di acungi jempol ni gan.

    ReplyDelete
  110. oo gtu.. wah maksih banyak dah share ilmunya

    ReplyDelete

 

Site Info




Live Traffic Feed

Banner

Ep Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Submit Your Site To The Web's top 50 search engines for free! Technology Blogs - Blog Catalog Blog Directory Blog Directory & Search engine Ajax CommentLuv Enabled fe448a347f89d0360a0d7610ddfbda63

Recent Readers

Gabung komunitas MBL dab-penyo.com [view | Join ]

Dab Penyoblog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates