BlackBerry Pearl 8120

,

Research In Motion (RIM) dikenal selalu menjual BlackBerry lewat paket operator. Karena itu tak heran bila kita tak mudah menemukannya di pasar bebas.

Seri Pearl dikenal dengan dimensinya yang imut dibanding keluarga BlackBerry lainnya. Pearl 8120 ramping dan ringan, pas digenggam. Warna kelabu mutiara, sesuai namanya, menjadikan ponsel ramping ini terlihat elegan.

Seperti seri Pearl lainnya, navigasi menggunakan trackball yang agak terbenam dalam cekungan. Huruf di keypad masih tersusun QWerty, dengan angka mengumpul di tengah dengan warna berbeda. Ngomong-ngomong, warna berbeda, plus tonjolan garis, menjadikan keypad terasa seperti terbagi dua. Pearl 8120 pun disertai SureType, aplikasi predictive text; mirip T9 di ponsel.

Sebagai buatan RIM, tentu saja peranti ini berplatform Blackberry OS sehingga mendukung penuh semua solusi Blackberry. Meskipun tak sebanyak sistem operasi mobile lain, kita dapat menambahkan aplikasi pihak ketiga.

Mengingat mayoritas peranti pintar sudah mendukung 3G, rasanya sedikit mengenaskan juga melihat Pearl 8120 yang masih berkutat dengan GPRS/EDGE. Namun kami cukup terhibur melihat adanya Wi-Fi. Perlu dicatat, seri ini merupakan yang pertama dilengkapi Wi-Fi di antara para Pearl.

Meskipun BlackBerry dikenal sebagai perangkat bisnis, tak berarti kita tak bisa bersenang-senang. Media player, didukung kemampuan konversi yang disuplai Roxio, bisa memainkan mayoritas format audio maupun video yang ada.

Bagi Sinyal, suara yang dihasilkan speaker terdengar sayup-sayup meskipun disetel standar. Karenanya kami lebih suka menggunakan headset. Adanya jack headset 3,5mm memungkinkan kita memakai headset yang biasa dipakai pada PC. Ini membuat kita punya lebih banyak pilihan bila ingin membeli headset yang lebih bagus dibanding yang tersedia dalam paket. Tombol volumenya sendiri ada di kanan bodi; berfungsi ganda sebagai tombol zoom pada Camera atau Video Recorder.

Meskipun icon Camera dipisah dengan Video Camera, kita tetap dapat pindah antaraplikasi dengan mudah dari pintasan dalam menu. Kamera sudah 2MP; disertai lampu dan cermin. Camera bisa mengambil foto dengan Picture Size maksimal 1600x1200. Sementara Video Camera dengan Video Format maksimal 240x180.

Secara umum, respon sistem lumayan cepat. Aplikasi kerja atau pekerjaan yang berbasis teks sangat cepat terbuka. Pengecualian kami rasakan saat peranti sedang menyimpan file hasil jepretan foto atau rekaman video.

Kapasitas Pearl 8120 masih dapat digenjot karena BlackBerry menyediakan slot MicroSD. Slot ini mudah diakses karena diletakkan kiri bodi, rapi ditutup cover berbahan dan berwarna sama dengan casing.

Selain dipakai untuk isi ulang batere, tentu saja port USB mini dipakai untuk koneksi ke PC. Selama peranti terhubung ke PC via kabel, batere sekaligus ikut diisi ulang.
Sumber Kompas

3 Comment:

 

Site Info




Live Traffic Feed

Banner

Ep Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Submit Your Site To The Web's top 50 search engines for free! Technology Blogs - Blog Catalog Blog Directory Blog Directory & Search engine Ajax CommentLuv Enabled fe448a347f89d0360a0d7610ddfbda63

Recent Readers

Gabung komunitas MBL dab-penyo.com [view | Join ]

Dab Penyoblog Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates